October 18, 2024

Semarak Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia di tahun 2024 nampak berbeda kemasannya dibanding tahun-tahun sebelumnya. Pelatih Upacara memberikan terobosan baru di setiap Upacara Bendera, apalagi di Hari Spesial Indonesia yang merayakan Hari Ulang Tahunnya ke-79. Usia yang sudah tidak muda lagi, namun jiwa dan raga tetap menyala bak kawula muda di zamannya,. Di era gempuran digitalisasi Madrasah Terpadu Misykat Al-Anwar memberikan nuansa baru dalam mempersembahkan Upacara Bendera.

                Pembaharuan itu dapat dilihat dari kostumnya para petugas upacara yang stylish bak jajaran prajurit perang, disamping itu formasi dari pasukan pengibar bendera (Paskibra) barisannya tampak elok dan elegan dengan gaya yang nyentrik menyuguhkan variasi barisannya usai mengibarkan Bendera Merah-Putih sebagai bentuk rasa syukur dan bangga akan Tanah Air Indonesia tercinta ini. Selanjutnya, disusul dengan kemasan media dokumenter yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube @al_aqobah4, meski masih terlihat belum sempurna namun secara keseluruhan sangat luar biasa karena setiap tahap proses upacara berjalan sangat rapi, tertib, dan khidmat.

                H. Gus Muhammad Arinal Haq, Lc. Selaku inspektur upacara memberikan beberapa pesan dalam amanat upacara, diantaranya: Mendoakan para Pahlawan bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI dan melanjutkan untuk mencintai Negeri ini, Berterimakasihlah kepada Orang Lain (Para Pahlawan) sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, Mendahulukan Kemanusiaan terlebih dahulu kemudian Beriman (memastikan diri aman sebelum melakukan ibadah).

                Seluruh jajaran pimpinan akademika Madrasah Terpadu Misykat Al-Anwar (PP Al-Aqobah 4 Jombang) sangat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan Upacara Bendera, terlihat setelah upacara usai disambung dengan acara ramah tamah yang telah diatur sedemikian rupa ala lesehan unik namun menu tak kalah dengan menu restoran berbintang. Para siswa juga setelah upacara ikut meramaikan kemerdekaan dengan menyuguhkan berbagai lomba yang bernuansa perjuangan, misal: estafet bola, estafet sarung, estafet air, bola kasti, dll.                 Begitulah momen peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 kami semuanya menyambut dengan penuh suka cita. Semoga setiap tahunnya dapat merayakan dengan kemasan yang selalu unik dan menyesuaikan dengan jamannya. “Sekali Merdeka, Tetap Merdeka” . Salam Merdeka!!