October 18, 2024

Perayaan Kemerdekaan RI ke-79 di SMP-SMA Islam Terpadu Misykat Al Anwar: Dari Lomba Hingga Upacara

Peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia menjadi salah satu momen yang paling dinanti, termasuk di SMP dan SMA Islam Terpadu Misykat Al-Anwar Jombang. Berbagai kegiatan pun dilakukan dalam rangka turut memeriahkannya. Sejumlah perlombaan seperti futsal, fireless cooking competition, desain poster, tartil, serta cipta baca puisi diadakan pada Kamis (15/08/2024). Masing-masing kelas mendelegasikan perwakilan siswa untuk berpartisipasi dalam setiap perlombaan tersebut.

Semarak peringatan kemerdekaan dilanjutkan pada hari berikutnya. Acara dimulai dengan senam pagi yang diikuti oleh seluruh siswa serta para guru dan staf. Senam ini sebagai pemantik semangat sebelum perlombaan dimulai. Acara kemudian dilanjutkan dengan lomba tarik tambang antarguru dan antarsiswa, diikuti dengan lomba-lomba lain seperti corong air, estafet air, dan jaga lilin. Lomba-lomba tersebut bertujuan untuk menanamkan semangat juang serta semakin mengeratkan rasa persaudaraan antarpeserta.

Sabtu (17/08/2024) tibalah pada puncak peringatan kemerdekaan, yakni upacara pengibaran bendera. Upacara berjalan dengan lancar, khidmat, dan penuh syukur. Gus H. Akhmad Kanzul Fikri, M.Pd., pengasuh pondok pesantren Al Aqobah 1, bertindak sebagai pembina upacara. Dalam pidatonya, Gus Fikri menyampaikan, “Kita bisa menjalankan semua aktivitas dengan merdeka tanpa tekanan apapun berkat jasa pahlawan yang telah berjuang. Oleh karena itu, tugas kita sebagai generasi muda adalah belajar sebaik mungkin. Kelak kalau jadi seorang pemimpin, harus menjadi insan kamil yang terus memberi manfaat kepada masyarakat.” Usai upacara, sebuah teater musikal dengan tema lanjutkan perjuangan ditampilkan oleh gabungan siswa SMP dan SMA. Teater tersebut mengisahkan perjuangan rakyat Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan. Teater sarat makna ini mengajak peserta upacara untuk merenungi kembali makna kemerdekaan. Rangkaian kegiatan perayaan kemerdekaan RI ke-79 ditutup dengan beberapa pertunjukan seni bertema kemerdekaan serta penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba.