October 18, 2024

MEMPERINGATI MAULID NABI DENGAN MENELADANI AKHLAK MULIA ROSULULLAH SAW

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi umat Islam untuk mensyukuri kelahiran Rasulullah SAW yang jatuh pada hari Senin, 12 Rabiul Awal Tahun Gajah (570  Masehi). Bentuk peringatan Maulid Nabi di Indonesia pun beragam. Mulai dari pawai ta’aruf, bersholawat, pembacaan Maulid Diba’, ceramah agama, hingga kegiatan sosial keagamaan lainnya.

Santri Ponpes Al-Aqobah 4 Jombang memiliki beberapa agenda peringatan Maulid Nabi. Pertama, pada malam 12 Rabiul Awal (15/9) para santri bersholawat Diba’ diiringi grup Al-Banjari bersama Pengasuh PP Al-Aqobah 4 Jombang Gus H. Muhammad Arinal Haq, Lc. seluruh santri tampak khusuk dan khidmat sepanjang momen tersebut.

Agenda kedua, civitas MTs-MA Terpadu Misykat Al-Anwar memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan Ustadz Busrol Adhim, M. Pd selaku penceramah. Acara tersebut diawali dengan bersholawat bersama dilanjutkan sambutan singkat oleh kepala Madrasah. Mauidhoh Hasanah dikemas dalam sesi tanya-jawab sehingga anak-anak lebih antusias dalam mendengarkan ceramah tersebut (16/9).

Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan menghadirkan Syekh Ammar Azmi Al-Jailani Al-Hasani yang merupakan cicit dari Syekh Abdul Qadir Al-Jailani dari Palestina. Seluruh civitas PP Al-Aqobah Jombang (1, 4, dan AIS) mengikuti acara tersebut dengan khidmat (18/9). Serangkaian agenda peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berjalan dengan lancar dan khidmat dengan harapan semoga kita dapat meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW seraya berharap mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di dunia hingga akhirat. Amiin