April 25, 2024

Wisata Edukatif Santri Continuous Improvement (CI)

“Setiap tempat adalah sekolah. setiap orang adalah guru, setiap buku adalah ilmu” (Roem Topatimasang). Begitu pula prinsip yang tertanam pada diri para santri Al-Aqobah. Belajar tak melulu harus dilakukan di dalam kelas secara formal, melainkan dapat dilaksanakan di mana saja bahkan sambil bermain.

Pada hari Jum’at (9/06/2023), santri Continuous Improvement (CI) Program Pondok Pesntren Al-Aqobah 1 dan Al-Aqobah 4 melaksanakan study tour ke Jawa Tengah. Beberapa destinasi yang dituju adalah Masjid Syeikh Zayed Solo, Museum Manusia Purba Sangiran Sragen, Saloka Theme Park, Kota Lama, dan Masjid Agung Jawa Tengah Semarang. Destinasi-destinasi tersebut tak hanya menjadi tempat hiburan, tetapi juga sarana edukasi.

Dua masjid besar dan populer termasuk dalam daftar destinasi pembuka dan penutup kegiatan study tour tersebut. Keduanya ialah Masjid Syeikh Zayed Solo dan Masjid Agung Jawa Tengah. Singgah di rumah Allah SWT yang mulia tentunya mendatangkan manfaat serta ibrah yang dapat dipetik. Selain dapat memperluas wawasan dari aspek religi dan historis, para santri juga dapat menikmati keindahan dan kenyamanan yang disuguhkan di masjid-masjid tersebut.

Kota Lama dan Saloka Theme Park juga menjadi destinasi yang berkesan di Semarang. Selain dapat menikmati warisan sejarah dan budaya yang kaya, para santri juga merasakan rekreasi dengan mencicipi wahana-wahana permainan. Pada setiap lokasi tersebut tetap terselip aspek edukasi yang dapat diambil. Sehingga tidak hanya hiburan semata yang diperoleh, melainkan juga pengetahuan yang menyertai.

Berkunjung ke tempat-tempat edukatif memiliki banyak manfaat penting dalam pembelajaran, pengalaman, kesadaran lingkungan, serta pengembangan keterampilan sosial. Para santri dapat merasakan proses belajar secara interaktif di luar kelas secara menarik dan menyenangkan. Pengalaman baru, lingkungan yang menarik, dan kegiatan yang berbeda dari rutinitas harian dapat memicu motivasi dan antusiasme santri terhadap pembelajaran. Mereka pun berkesempatan untuk menambah wawasan melalui pengalaman secara langsung dan konkret tanpa meninggalkan rasa suka cita.