April 29, 2024

REMAJA MUDA BERJIWA ANTI KORUPSI

OLEH: FUDA ANGGARA ZUNIKA, S.Pd.

Remaja adalah generasi penerus bangsa yang sangat mempengaruhi kualitas dan integeritas serta besar kecilnya bangsa itu sendiri.  Di usia dan pada masa-masa inilah, para remaja memiliki pemikiran yang fresh, semangat yang tinggi dalam melakukan sesuatu hingga masih dapat kita bentuk karakter dan kepribadianya dengan menanamkan nilai-nilai moral, agama, etika dan kejujuran. Ini agar generasi penerus bangsa ini berintegritas, pemberani dan berakhlak mulia sehingga mampu meneruskan tugas dan kewajuban dalam menuntaskan ragam persoalan bangsa. Antara lain memberantas korupsi yang telah menjadi penyakit kronis di hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Tanpa di sadari, korupsi berawal dari kebiasaan-kebiasaan yang kita sendiri bahkan pernah kita lakukan. Seperti yang ada di sekolah ; mecontek, bermain curang, dan lain-lain. Penyebab dari korupsi itu sendiri adalah :

  1. Lemahnya pendidikan agama dan etika.
  2. Kolonialisme. Suatu pemerintahan asing tidak menggugah kesetiaan dan kepatuhan yang diperlukan untuk membendung korupsi.
  3. Kurangnya pendidikan. Namun kenyataannya sekarang kasus-kasus korupsi di Indonesia dilakukan oleh koruptor yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi, terpelajar dan terpandang sehingga alas an ini dapat dikatakan kurang tepat.
  4. Kemiskinan. Pada kasus korupsi yang merebak di Indonesia, para pelakunya bukan didasari oleh kemiskinan melainkan keserakahan, sebab mereka bukanlah dari kalangan yang tidak mampu melainkan para konglomerat.
  5. Tidak adanya sanksi yang keras dantegas atas pelaku  tindak pidana korupsi.

Akibat-akibat dari korupsi antara lain Pemborosan sumber-sumber, gangguan terhadap penanaman modal, bantuan yang lenyap,ketidakstabilan, revolusi sosial, pengambilan alih kekuasaan oleh militer,menimbulkan ketimpangan sosial budaya,pengurangan kemampuan aparatur pemerintah, pengurangan kapasitas administrasi, hilangnya kewibawaan administrasi.

          Kemudian, pencegahan apa saja yang bisa di lakukan dalam kapasitas kita sebagai anak muda ?           Tentunya, kita tau kalau anak muda gudangnya potensi, bakat, dan kreativitas. Memerangi korupsi dengan cara demo ? ya, itulah salah satu ekspresi yang kita gunakan untuk menyuarakan kepedulian kita dalam memerangi korupsi. Tapi, terpikirkah kita bahwa kita sebagai anak muda pun mampu meneruskan perubahan serta perjuangan sesama teman-teman muda kita yang peduli terhadap isu antikorupsi ini.

Tentu saja dengan memberdayakan kreativitas kita sebagai anak muda, kemauan kita yang bisa kita salurkan dalam menyuarakan pemikiran kita terhadap isu yang penting. Insya Allah, para remaja akan menjadi penerus cita-cita dan harapan Founding Fathers kita, dimana negara ini dapat melindungi sgenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan memajukan kecerdasan kehidupan bangsa.